TRAINER HEBAT

TRAINER HEBAT

Sabtu, 31 Agustus 2013

APA ITU KESEIMBANGAN HIDUP ?



APA ITU KESEIMBANGAN HIDUP ?
Follow @akhirudindc / @BalanceLife5

Pada dasarnya, manusia dalam hidupnya selalu dan terus berusaha untuk memperkuat diri dan jiwanya. Memperkokoh setiap dimensi kehidupan yang memungkinkan untuk dijangkaunya. Manusia dari waktu ke waktu mengalami pertumbuhan eksistensinya. Ia mempunyai kemampuan untuk mencari makna dalam setiap perbuatan dalam hidupnya, sekecil apapun perbuatan tersebut. 

Manusia juga sangat berpotensi selalu terdorong untuk terus berkembang dan terus meningkatkan kualitas diri dalam kehidupannya. Menurut pemikiran humanistic (kemanusiaan) manyatakan bahwa “the cultivation of man, his self cultivation and self-unfolding into full humanity”, yang berarti bahwa pengembangan manusia, yakni pengembangan dirinya sendiri dan pengembanga diri kearah kemanusiaan yang penuh. Akan tetapi yang perlu diwaspadai adalah sikap ekstrim atau berlebihan yang ditimbulkan dari pergulatan pemikiran manusia, karena setiap sesuatu yang berlebihan juga selalu memiliki titik kelemahan, begitu juga dengan sikap yang terlalu meremehkan. Untuk itu diperlukan adanya sikap seimbang atau pertengahan dalam setiap perbuatan di kehidupan kita sehari-hari.  

Dalam perjalanan hidupnya manusia di hadapkan kepada pengalaman-pengalaman peristiwa alamiyah yang ada di sekitarnya. Pengalaman-pengalaman lahir ini merupakan sejarah hidupnya yang mengesankan dan kemudian mendorong untuk melakukan perubahan-perubahan bagi kepentingan hidup dan hidupnya, dan mendorongnya untuk terus berkembang dan terus meningkatkan kualitas diri dalam kehidupannya. Sebuah neraca akan dikatakan dalam posisi seimbang jika kedua sisi atau tuasnya memiliki muatan barat yang sama. Sebagai contoh dalam kehidupan ekonomi sebuah keluarga akan dikatakan seimbang dan harmonis jika antara pemasukan dan pengeluaran berjalan secara seimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar