TRAINER HEBAT

TRAINER HEBAT

Selasa, 10 September 2013

IDEOLOGI KESEIMBANGAN



IDEOLOGI KESEIMBANGAN
@akhirudindc

Salah satu sifat atau karakteristik ideal manusia adalah sebagai makhluk yang selalu ingin memperbaiki dan mengembangkan potensi dirinya melalui berbagai cara diantaranya dengan munculnya berbagai macam pemikiran ataupun ideologi-ideologi yang semua itu berusaha untuk menjadi sebuah ideologi yang dapat menjalani kehidupan ini dengan baik. Namun, kadang pemikiran-pemikiran atau ideologi-ideologi tersebut hanya melihat dari satu sisi saja tanpa melihat dari sisi lain.

Yang dimaksud dengan konsep keseimbangan yaitu suatu paham yang menetapkan bahwa sikap tidak berlebihan dan tidak kekurangan dalam segala aspek kehidupan manusia di alam semesta ini yang merupakan sikap yang terbaik, karena ia dapat meletakan sesuatu pada tempatnya dan sesuai dengan porsinya (proporsianal).

Sikap seimbang memiliki beberapa makna yang sejalan dengan sikap pertengahan, tawaazun, dan beberapa istilah senada lainnya. Sedangkan menurut islam, konsep keseimbangan dapat kita artikan sebagai sikap adil yang tidak berat sebelah dalam segala hal, menempatkan sesuatu pada tempatnya secara proporsional. Keadilan tersebut dapat bersifat dalam hibungan kita dengan Allah (habl min Allah), dan hubungan kita dengan sesama manusia (habl min an-naas) yang juga mencakup didalamnya hubungan kita dengan alam semesta ini. 

Dalam konteks ini, keseimbangan dapat kita lihat dalam kesimbangan alam raya yang kita tempati ini, karena stabilitas ruang lingkungan hidup manusia atau alam semesta adalah suatu bentuk keseimbangan yang sangat sempurna, karena disana ia berjalan dengan sangat sistematis mengikuti sunnatullah. Kemudian kita bisa lihat dalam diri kita sendiri sebagai manusia, semua organ tubuh kita berjalan dengan semetinya tanpa kita perintah, kan tetapi ia dapat berjalan dengan sungguh sempurna dan sangat seimbang. Selanjutnya adalah keseimbangan dalam kehidupan masyarakat kita yang semua itu bejalan dengan seimbang, karena jika hal tersebut tidak ada keseimbangan didalamnya maka pasti akan terjadi banyak sekali kerancuan-kerancuan yang mendatangkan kerugian bagi masyarakat tersebut. #BalanceLife

Tidak ada komentar:

Posting Komentar